Kamis, 23 Agustus 2012

Bachtiar Jamaluddin, Putra Asli Betawi Yang Meraih Sukses


Halo para pembaca, tema rubrik inspiring kali ini adalah "Pria-pria Berprestasi" dan orang pertama yang berhasil saya wawancarai untuk mengisi rubrik ini adalah Bachtiar Jamaludin. nyok simak cerita inspiratifnya! :)


Bachtiar Jamaluddin, adalah pemenang pemilihan duta budaya dan pariwisata di beberapa daerah, di antaranya dalam pemilihan Abang Mpok Kota Depok dan berhasil menang sebagai Abang Depok tahun 2005, Pemilihan Abang None Jakarta Barat dan berhasil menjadi Abang Harapan 1 Jakarta Barat tahun 2006, dan terakhir ia berhasil menjadi Kang Kota Tangerang Selatan tahun 2010 dalam pemilihan Kang Nong Kota Tangerang Selatan. prestasi yang ia raih tidak tecipta begitu saja, semua dengan proses dan tekad kuat yang ia miliki untuk bisa maju dan bisa memperkenalkan budaya betawi ke seluruh dunia. pernah beberapa kali gagal dalam ajang pemilihan serupa namun ia tidak mudah putus asa. semua dilalui dengan semangat juang yang tinggi demi meraih apa yang di impikannya, yaitu Budaya betawi bisa mendunia.

Bachtiar atau Bang Tiar, sapa'an akrabnya, adalah anak pertama dari 4 bersaudara. memiliki ibu dan bapak yang asli betawi membuat ia sangat mencintai dan peduli terhadap budaya dan adat istiadat nenek moyangnya itu. masa Sekolah Dasar ia habiskan di SD N 06 Jakarta Selatan. semasa SD banyak prestasi yang ia raih, diantaranya selalu masuk dalam peringkat 3 besar di kelasnya, menjadi pemenang dalam lomba cerdas cermat TVRI, Siswa berprestasi se DKI Jakarta, serta menerima beasiswa dari berbagai lembaga pendidikan. selepas SD ia melanjutkan ke SMP N 107 Jakarta. namun di masa SMP inilah prestasinya mulai menurun karena kesibukannya di kegiatan pramuka. Jambore nasional pernaih ia ikuti dan dalam berbagai kesempatan, ia selalu ditunjuk sebagai utusan dalam acara seremonial sekolahnya. masa SMA ia lalui di SMK 28 Oktober jurusan Akuntansi. Banyak prestasi yang tercipta selama masa SMA. ia selalu menjadi ranking 1 selama 3 tahun sekolahnya, menjadi juara 2 lomba puisi tingkat SMK se DKI Jakarta, berhasil masuk 4 besar dalam lomba cerdas cermat akuntansi, serta beragam beasiswa ia dapatkan. bisa dibilang masa SMA inilah menjadi puncak prestasi yang berhasil ia dapatkan.


Selepas Sekolah, ia melanjutkan kuliah D3 di UT karena keterbatasan biaya dan memikirkan adik-adiknya yang butuh biaya pendidikan. gelar D3 berhasil ia raih dan meneruskan ke jenjang Sarjana di STIE Kalpataru jurusan Manajemen. waktu kuliah ia bagi dengan pekerjaan yang ia geluti. ia menjadi staf pribadi Fahmi Idris yang pada saat itu menjabat sebagai Menteri Perindustrian selama 4,5 tahun. banyak pengalaman luar biasa yang ia dapatkan, bertemu dan bercengkrama dengan Presiden SBY, bergaul dan melakukan kegiatan sosial bersama istri-istri kabinet Indonesia Bersatu serta melakukan perkenalan budaya ke berbagai lapisan masyarakat. pengalaman yang luar biasa itulah menjadi modal kehidupan yang sangat berarti baginya. pria kelahiran 24 Februari ini berhasil lulus dan menjadi Sarjana Ekonomi dengan penuh perjuangan. ditengah keterbatasan biaya, ia mampu membuktikan bahwa keterbatasan biaya pendidikan tidak menjadi halangan untuk melangkah maju. dan itu terbukti dengan langkah prestasinya yang telah ia toreh.

Putra asli betawi ini juga pernah menjuarai Lomba Editorial Media Indonesia yang diselenggarakan oleh Metro Tv. ia memiliki hobi travelling dan menulis. dari hobi itulah bisa mengantarkan ia menjadi tour guide bagi turis mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. selain menjadi tour guide ia juga saat ini menjadi owner di sewabusanabetawi.com dan sewabusanabetawi.blogspot.com butik yang menyediakan pakaian adat betawi dan pernak pernik khas budaya asli Kota Jakarta. pengalaman pernah menjadi Abang Harapan 1 Jakarta Barat membuat kecintaan ia terhadap budaya betawi semakin tinggi. ia memiliki prinsip hidup bahwa untuk menjadi orang sukses perlu memiliki ketulusan hati dan selalu menjadi pribadi yang jujur kepada semua orang. 


Sukses baginya adalah bisa membahagiakan kedua orang tua dan keluarga, karena tanpa doa dari mereka ia tidak akan bisa mencapai posisi yang luar biasa saat ini. ia juga membagikan tips bagi semua orang agar bisa mengikuti langkahnya  meraih kesuksesan. "Jadilah diri sendiri, rajin dalam bekerja, selagi masih muda jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan. raih semua peluang yang ada dengan semaksimal mungkin, dan jangan pernah takut mencoba!". kondisi sulit yang pernah ia alami menjadi motivasi baginya untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Maju Tak gentar, menjadi motto hidup yang ia pegang setiap saat. dengan begitu, setiap mengalami keadaan sulit ia akan bangkit dan terus maju tidak mudah menyerah.



Semoga kisah inspiratif kali ini bisa memberikan motivasi bagi para pembaca sekalian untuk terus meraih mimpi semaksimal mungkin dan ikut melestarikan budaya betawi, budaya Indonesia ke seluruh dunia :)

2 komentar: