Selasa, 24 Desember 2013

Day 3 : Gili Trawangan, Dreams Come True !!

Bangun pagi gue langsung disambut dengan Lusy, yang tidurnya cuma pake u can see n cd. Bisa bayangin kan gimana beruntungnya gue. Istighfar deh pagi-pagi hehehee. Jam 7 gue check out dan langsung naik ojek pak Alex ke Pelabuhan Bangsal. Dari senggigi ke Bangsal memakan waktu 30-1 jam perjalanan. Sepanjang perjalanan dari senggigi ke bangsal gue disuguhkan dengan pemandangan pantai Lombok yang sangat indah. Garis pantai yang panjang, pohon kelapa yang berjejer rapih, pasir yang putih dan laut yang biru membuat gue berdecak kagum. Betapa indahnya Lombok. Nah dalam perjalanan dari Senggigi ke Bangsal ini, lo bisa berhenti di Malimbu Hill namanya. Disini lo bisa liat pemandangan laut Lombok, dan 3 Gili yang berjejer di hadapan lo. Indah banget.. jangan lupa foto-foto yaa, soalnya Malimbu ini pernah di jadiin tempat syuting iklan Hydro Coco. Pernah liat mungkin? Hehhee. Engga  terasa akhirnya sampe juga di Bangsal. Setelah Beli tiket public boat, gue harus nunggu kapal yang nyebrang ke Gili penuh. Nge-tem dulu ni kapal kaya angkot. Sebenernya bisa aja kalo ga mau nunggu lama. Tapi harganya mahal kalo nyewa boat sendiri. Bisa sampe 150rb. Sayang-sayang kaan duit segitu. Lagi nunggu kapal yg penuh, gue ketemu sama turis asal Al-Jazair, Samia namanya. Dia Solo Backpacker juga. Ngobrol panjang lebar sama samia. Gue Tanya kenapa kok jauh banget wisata nya ke Lombok, 12 jam perjalanan via Pesawat dari Al-Jazair sampe Lombok, dan itu engga murah, dia jawab katanya kaka nya pernah ke Gili dan liat foto-foto nya bagus, indah, makanya dia penasaran. Akhirnya gue berduaan aja sama dia selama di Gili. Kapal penuh dan kita berangkat. Pagi itu ombak nya cukup besaar, cukup banget buat memacu adrenalin gue pagi-pagi. Pulau atau gili bahasa Lomboknya, yang paling deket dari Bangsal adalah Gili Air, terus Gili Meno di tengah-tengah dan Gili Trawangan paling ujung. Sekitar 45 menit gue tempuh dari Bangsal ke Gili Trawangan dan finally sampe juga di Gili Trawangan. Pulau impian gue dari awal kuliah. Makanya abis sidang skripsi gue nazar, abis lulus sidang harus sampe ke tempat ini, Alhamdulillah terwujud juga. Its like dream come true! Hehehee.  Di Gili Trawangan gue ambil paket Snorkeling yang dikelola sama bang Soul. Standart harga snorkeling di sini 100rb. Itu exclude makan dan pelampung. Kalo plus lunch nambah 25rb. Nambah pelampung 15rb.
Snorkeling time! Ini yang gue tunggu-tunggu, jam 11 siang, panas-panas waktunya menikmati keindahan alam bawah laut Gili. Paket snorkeling ini ngebawa kita ke 3 Gili. Gili air, Gili Meno dan Gili Trawangan. Lagi-lagi perasaan asing di negeri sendiri muncul. Yang pribumi di kapal itu Cuma gue sama pasangan honeymoon dari tangerang dan abang-abang petugas nya. Manteb bangeet daah.. Sampe di spot pertama yang diberi nama turtles spot. Disini tempat berkumpulnya turtles, tapi sayang gue engga bisa liat. Engga nemuin turtles satupun. Tapi terumbu karang dan ikannya kece-kece. Lanjut ke spot berikutnya yaitu home of coral, di sekitar gili air, dan bener sesuai sama namanya, pemandangan bawah laut yang disajikan indah banget. Banyak coral yang warna-warni, ikan yang beraneka ragam, pokoknya indah deh. Ga berasa 45 menit snorkeling disini. Karena indahnya pake banget. Dari spot kedua ini kita langsung lunch di Gili air. Karena gue dan samia engga ngambil paket lunch, maklum ngirit budget, jadi kita jalan-jalan dan berfoto ria keliling Gili Air. Gili air pulaunya kecil, pemandangan nya indah, sepi, dan tenang. Banyak café dan guesthouse di pinggiran pantai. Berbeda dengan gili trawangan yang crowded, gili air cocok banget buat lo yang mau nyari ketenangan dan kesembuhan dari jiwa yang stress karena skripsi atau kerjaan hehee. Guesthouse disini lumayan mahal, tapi pinter-pinter nawar aja. Siapa tau bisa kurang. *beli sayur kali ah*.
Selesai Lunch, pasukan snorkeling gue lanjut ke spot berikutnya di gili meno. Sekitar 45 menit kita snorkeling disini. Emang ya semua spot di gili ini bagus banget. Mau spot manapun pemandangan bawah lautnya sangat mengagumkan. Laut yang biru ditambah gugusan terumbu karang yang dipenuhi ikan-ikan lucu menambah kehangatan siang itu. setelah puas snorkeling ke 3 Gili, gue nemenin Samia ke dermaga Trawangan yang mau lanjutin perjalanan Solo Backpackernya ke Malaysia. Dia puas walaupun Cuma sebentar di Gili Trawangan, penasaran nya udah ilang katanyaa dan Akhirnya kita berpisah sore itu, See ya Samia…
Di Gili Trawangan gue nginep di Bale Sasak. Seperti biasa gue udah booking dormitory room di booking.com. dorm room yang gue tempatin kali ini penuh. Dari 12 bed Cuma sisa 2 bed. Banyak turis yang udah tinggal lama di Gili. Malahan ada yang udah tinggal 2 minggu. Manteb yaa.. Selesai istirahat sebentar, gue langsung nge-gowes keliling Gili Trawangan dan ke sunset spot nya. Disinilah kesialan terjadi, ban sepeda gue bocoor, jadi sepanjang jalan yang berpasir gue harus menenteng sepeda itu, ngedorong sampe betis gue bengkak, sumpah ga disaranin banget buat lo yang mau ke sunset spot pake sepeda. Soalnya jalanannya pasir, susah buat genjot. Jadi lebih baik parkir sepeda nya di bawah pohon terus jalan ke sunset spot, daripada nuntun sepeda kaya gue. Pegeellll…. Tapi tapi, rasa pegel gue langsung hilang setelah melihat sunset di Gili Trawangan. Indahnya pake banget.. dengan latar gunung Agung Bali, matahari yang ke emasan sedikit demi sedikit turun, kembali ke peraduannya berganti dengan bulan. Sempurna sekali saudaraaa! Hehehe.
Kembali menuntun sepeda ke Bale sasak, rasa capek gue obatin dengan berenang malam itu. guest house ini ada swimming poolnya. Lumayan banget buat berendem. Hehee. Setelah menikmati swimming pool guesthouse gue jalan-jalan ke pasar di gili trawangan. Art festival market namanya. Tempat ini pusat jajanan malam di Trawangan. Satu Lapangan penuh sama tukang makanan yang ngejual berbagai makanan dan minuman. Mulai dari seafood, nasi goreng, sampe makanan khas Lombok. Kalo mau makan disini harus ngantri ya, soalnya rame dan penuh sama turis yang mau makan juga. Manteeb deh pokoknyaa… abis makan gue stay di salah satu café n bar di pinggir pantai. Disini gue ketemu sama turis dari Inggris dan perancis. Gue ngobrol banyak sama mereka ber4. Gue heran kenapa banyak banget turis dari eropa yang ke Lombok, makanya gue nanya ke mereka, kata mereka buat orang eropa traveling itu udah mendarah daging, jadi budaya buat mereka. Terus disana juga cuti setahunnya bisa sampe 30 hari. Engga heran deh kenapa banyak banget orang Eropa, kaya Inggris, Perancis dll yang gue temuin. Setahun aja cuti bisa 30 hari, lah di Indonesia Cuma 12 hari. Itu juga dipake buat acara keluarga dll. Harus dicatet nih sama pemerintah biar cutinya ditambah. Biar bisa traveling kaya orang-orang Eropa gitu. Hehehe.. malam terakhir di Gili Trawangan, rasanya enggan tidur untuk terus menikmati deburan angin ombak yang menentramkan….

Rincian biaya day 3

Bangsal-Gili Trawangan PP                          : 30rb
Snorkeling                                                    : 100rb
Guesthouse                                                   : 90rb
Makan-minum                                              : 50rb
Sepeda                                                                           : 10rb

Pemandangan Bukit Malimbu yang mempesonaa

yang di foto ga kalah kerennyaaa hahhaa

3 Gili dari atas Bukit Malimbu. keren !

di atas perahu dari Bangsal menuju Gili Trawangang

Touchdown Gili Trawangan !!

bersama Bule-bule yang mau Snorkeling

Snorkeling di Gili Meno

Snorkeling di Gili Air

Samia, Solo Backpacker asal Al-Jazair

Berjemur di Gili Air

Snorkeling di Gili Trawangan

Fans dari Inggris, they Love Adhanio :D

Sunset Gili Trawangan, berlatar gunung Agung Bali

Good Morning Gili Trawangan !