Selasa, 24 Desember 2013

Day 2 : Good Bye Bali, I’m Coming Lombok !!

Tepat pukul 05.00 WITA gue berangkat dianter Bli Ogi dari basecamp BPI regional bali menuju Kuta, kantor nya Perama Travel buat ke Padang Bai, pelabuhan penyebrangan Bali-Lombok. Sampe di Kuta dan menunggu travel ke Padang Bai. Dari Kuta ke Padang Bai memakan waktu sekitar 2 jam. Berangkat pukul 06.00 WITA menuju Padang Bai, dan you know what, isi bus travel ¾ itu bule semua. Gue pribumi sendiri. Dan ini perasaan pertama gue Berasa asing di negeri sendiri…
Perjalanan Kuta-Padang Bai berkelok-kelok, dan dihiasi pemandangan Bali yang indah di pagi hari. Dan Ga berasa jam 8.30 pagi sampailah gue di Pelabuhan Padang Bai. Hati-hati ya kalo sampai di sini, banyak calo yang nawarin tiket fast boat langsung dari padang Bai ke Gili Trawangan. Cukup say : “engga pak engga”, terus jalan aja pake tampang cool. Soalnya harga yang ditawarin mahal banget. 300rb !! bisa buat beli tiket pesawat balik ke Jakarta itu mah. Hehee. FYI Beli tiket kapal ferry nya ada di sebelah kiri, sebelum jembatan penyebrangan ke kapal yaa.. jangan sampe salah soalnya ga ada petunjuk yang jelas dimana tempat beli tiket.
Banyak bule yang mau nyebrang ke Lombok. Kapal gue yang seharusnya berangkat jam 9 ke Lembar, tapi karena ada masalah teknis, jadi keberangkatan gue di undur jadi jam 10. Disinilah gue ketemu sama Bang Egi. Orang asli Lombok timur yang kerja jadi TKI di Malaysia. Dia berdua aja sama anaknya yang masih umur 2 tahun, Andra namanya. Gue beruntung banget ketemu dia, ngobrol banyak hal, tentang Lombok dan isinya. Dia nawarin gue buat tinggal dirumahnya. Mampir dan menjelajahi Lombok timur. Dan tentu sebagai Solo Backpacker dengan senang hati gue menerima tawaran itu. hehehe. Bang Egi orangnya baik banget, mau nawarin orang asing buat tinggal dirumahnya. Hebaat deeh !!
5 jam perjalanan menyusuri keindahan laut selat Bali-Lombok. Ga bakal bosen deh, soalnya kita bisa liat gimana pemandangan selat Bali yang indah. Kalo beruntung bisa ngeliat lumba-lumba yang berenang ngikutin kapal. Tapi sayang kemarin gue belum beruntung.
Jam 3 sore gue tiba di Pelabuhan Lembar, Lombok. Rasanya seneng banget menginjakkan kaki di Lombok. Pulau 1000 masjid nan indah ini. Rencana awal Dari pelabuhan Lembar gue langsung naik angkot ke pelabuhan Bangsal buat nyebrang ke Gili Trawangan. Tapi saat itu waktunya ga keburu, soalnya waktu terakhir penyebrangan dari Bangsal ke Gili trawangan itu jam 16.30 WITA. Jadilah gue menginap di senggigi semalam. Dari Lembar ke senggigi naik angkot mobil carry gitu, nyari angkotnya jangan di dalam pelabuhan ya, jalan keluar pelabuhan. Di pinggir jalan banyak angkot yang nge-tem nungguin penumpang. Perjalanan Dari Pelabuhan Lembar ke Mataram sekitar 1-2 jam. Berhenti dipertigaan jalan ke arah senggigi. Gue ditawarin sama tukang ojek buat langsung ke Bangsal, tapi karena waktu yang engga memungkinkan jadi gue nginep langsung di senggigi. Di Wira Café & Guest House. Sempet tawar menawar sama ojek ini, pak Alex namanya, dia nawarin buat nganterin gue keliling Lombok selama 2 hari. Hasil tawar menawar akhirnya kita sepakat selama gue di Lombok dia bakal nganterin dan gue bayar Rp 150rb. Harga awal segini, dan gue bakal bayar beda pas di akhir. Baca cerita selanjutnya. Heehhee.
Check in di Guest House dengan dormitory room, isinya 10 bed 1 kamar, yang udah gue booking duluan di booking.com. dari 10 bed ini gue cuma berdua sama turis asal Amerika, Lusy namanya. Dia solo backpacker juga. Ngobrol se perlunya dan dia langsung ninggalin gue. Sedih nyaa, kurang ganteng apa coba gue? Brad Pitt aja lewat ye kaan… hahhaa. Gue jalan menyusuri pantai senggigi, sambil makan Sate Bulayat. Salah satu makanan khas Lombok. Sate ini isinya daging sapi + lontong. Lumayan lah buat ngisi perut di sore hari. Sambil makan sate bulayat gue menikmati keindahan sunset di Senggigi. Hanya Kata syukur Alhamdulillah yang bisa gue ucapkan. Indah banget! Sunset berbalut pasir senggigi yang halus, Menjadi penutup sore yang sempurna!
Suasana malam hari di Senggigi rame dan mengasyikan. Banyak bar n café yang bertebaran di sepanjang jalan Senggigi. Gue mampir di salah satu bar dan ngobrol banyak sama turis asal Perancis. Mereka couple dan bakal ngehabisin waktu di Lombok selama 4 hari. Romantis banget ya, pacaran aja sampe ke Lombok. Lah gue sendirian. Tapi engga ngaruh, keindahan senggigi dan isinya ngebuat gue melupakan sejenak kejombloan gue. Heheee.

Rincian biaya day 2

Travel perama Kuta-Padang Bai                : 60rb
Padang Bai-Lembar                                   : 40rb
Lembar-Mataram                                      : 15rb
Mataram-Senggigi (ojek) awal                   : 25rb
Guesthouse                                               : 75rb
Sate Bulayat                                              : 15rb
Dinner                                                                         : 30rb

Pelabuhan Padang Bai

Kapal Laut di Padang Bai

Bule ngantri sebelum naik kapal

pemandangan indah di selat Bali-Lombok

Bendera Indonesia yang robek di tengah indahnya selat Bali-Lombok

di atas kapal menuju Lombok

Pantai Senggigi

dikala mendung di Pantai Senggigi

Indahnya Sunset Pantai Senggigi

Playboy di Senggigi hahaa
NEXT DAY... DAY 3 , GILI TRAWANGAN, DREAMS COME TRUE !